Perancang laman web, penulis blog, pesepeda, dan pelari.




Nasi Hainan Ayam Panggang di Kopi Scooter

Category : Eatery, Review · by Jan 6th, 2019
Nasi Hainan Ayam Panggang

Nasi Hainan, sesuai dengan namanya berasal dari Provinsi Hainan, Tiongkok. Dibawa oleh para imigran Tiongkok hidangan jenis ini kemudian dikenal sebagai makanan khas Singapura dan Malaysia. Nasi ini biasanya disajikan dengan daging ayam atau bebek.

Di Indonesia, makanan jenis ini sering ditemui di kedai atau resto kopitiam. Kedai kopi dan hidangan sarapan yang banyak ditemui di negara Asia Tenggara. Salah satu kopitiam yang sering saya kunjungi adalah Kopi Scooter (Coffee Scooter) yang terletak di lantai 1 pusat belanja Riau Junction.

Siang tadi seperti biasanya saya memesan Nasi Hainan Ayam Panggang, sementara Ami memesan varian dengan ayam yang dikukus.

Seingat saya, saya sudah mencoba hidangan ini di setidaknya beberapa tempat dan nasi hainan ayam di Kopi Scooter adalah yang paling enak. Tempat-tempat lainnya seperti Uncle K 23 Paskal dan Kopi 170 enak, tapi tidak seenak yang saya nikmati di Kopi Scooter.

Nasi hainan ayam di Duck King juga sebetulnya enak, tapi perbandingan harganya tidak seimbang. Saya juga pernah mencoba nasi hainan ayam di Singapura, tepatnya di Food Republic, tapi sepertinya tidak pas di lidah saya.

Kopi Skuter, unik karena terletak di tengah-tengah bagian yang menjual pakaian.

Dalam satu paket nasi hainan ayam disajikan satu porsi nasi hainan, satu potong ayam, setengah butir pindang telur ayam, kuah rempah, dan sambal juga saus kecap.

Sajian sederhana dengan porsi yang tepat.

Bagi saya, nasi hainan yang disajikan Kopi Skuter pas, tidak lembek juga tidak keras. Kuah rempahnya juga enak, tidak terlalu gurih. Ayamnya empuk, mudah terlepas dari tulangnya namun masih terasa padat.

Salah satu sudut di Kopi Scooter

Satu porsi nasi hainan ayam bisa ditebus dengan uang sekitar 30 ribuan. Lumayan terjangkau mengingat rasanya yang enak.

Untuk yang suka bebek, bisa dicoba bebek panggang atau kukusnya. Atau bisa juga memesan nasi hainan campur (bebek dan ayam).

SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.