Andri Permana

Creative Freelancer based in Bandung




Angel & James (A&J) Butterscotch Review

Category : eJuice, Review · by Dec 31st, 2015

Angel and JamesButterscotch pada dasarnya terdiri atas mentega dan gula merah, Angel & James (seringnya disingkat A&J) meracik dua aroma bahan dasar tersebut menjadi sebuah produk eliquid yang nikmat. Jujur saja, sebelum mencoba liquid ini saya lupa rasa butterscotch itu seperti apa. Keberhasilan A&J mengingatkan saya akan rasa butterscotch itu seperti apa tanda bahwa liquid ini pantas dikategorikan sebagi liquid yang patut diberi nilai di atas rata-rata.

Klik untuk review eJuice/eLiquid yang lain.

First Puff

Luar biasa, tebal sekali aroma menteganya saat inhale. Rasa manis khas liquid “dessert” kalau istilah saya, langsung terasa bahkan pada isapan pertama. Adalah aroma gula merah yang tercium saat exhale, namun tipis, tidak terlalu tebal, hampir tertutup aroma mentega. Throat hit terasa medium, maklum saya terbiasa dengan liquid 0MG. After taste manis, gula merahnya yang malah tersisa di mulut.

Daily Vape

Throat hit yang terasa sedikit kasar saat isapan pertama ternyata hanya soal kebiasaan, setelah beberapa kali puff throat hit melembut. Hampir satu minggu saya pakai A&J Butterscotch ini, sekarang hilang sama sekali. Pun memiliki rasio 60:40 (PG 60%, VG 40%) A&J mampu menghasilkan vapor yang cukup banyak dan tebal. Jadi, seru kalau dipakai di RDA, nikmat kalau dipakai di tank. Sekitar 2/3 dari 30 ML saya habiskan dalam satu minggu, sekarang rasa menteganya yang mulai menghilang. Tinggal manisnya gula merah yang tersisa, tapi saya masih suka.

Harga

A&J Butterscotch dikemas dalam botol plastik isi 30 ML dengan segel. Tutup botolnya child resistance, keterangan bahan-bahannya juga tertera di botol. Dengan pengalaman vaping seperti saya sebutkan di atas, saya rasa harga Rp. 90.000,- per satu botol tidaklah mahal.

Kesimpulan

Sebagai vaper pemula, saya cukup terbuai dengan kenikmatan yang ditawarkan A&J Butterscotch ini. Tidak ada throat hit yang mengganggu (padahal kadarnya nikotinnya 3 MG), tidak ada bau yang tidak enak, brewer asal kota Bandung ini berhasil membuat liquid yang bikin saya senang. Nilai 4 dari skala 5 cukup, sepertinya. 1 nilai lagi adalah rasio PG:VG, kalau saja bisa dibuat 50:50 agar bisa lebih hemat.

Catatan

Device yang digunakan adalah eVic VTC Mini dengan RDA Royal Hunter Mini dengan coil 0,23 OHM, 60 s/d 75 WATT. Tank eGo ONE Mega dengan coil 0,70 – 0,90 OHM 17,5 – 25 WATT.

SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *