Perancang laman web, penulis blog, pesepeda, dan pelari.




Kupat Tahu Petis & Sayur Pak Haji (Jalan Halimun)

Category : Eatery, Review · by Jan 26th, 2019

Kupat tahu adalah hidangan khas Sunda yang biasanya terdiri atas potongan kupat beras dan tahu yang sudah digoreng. Ada beberapa jenis kupat tahu yang sering saya temui di Bandung, selain khas Singaparna yang menggunakan kuah kacang, ada juga kupat tahu petis yang menggunakan kuah dari bahan dasar petis.

Petis sendiri adalah warisan kuliner nusantara yang ada sejak dulu. Petis dibuat dari bahan dasar udang yang pada proses akhirnya dicampur dengan karamel gula aren. Itulah kenapa rasanya gurih dan sedikit manis, dengan tampilan khas warna hitam.

Siang tadi saya mengunjungi Kupat Tahu Petis & Sayur Pak Haji di Jalan Halimun atau Jalan Putri. Saat ini, usaha yang dimulai sejak tahun 1921 ini dikelola oleh generasi ketiganya.

Penjualnya saat ini adalah generasi ketiga, yang berarti cucu dari Pak Haji yang memulai usaha ini.

Satu porsi kupat tahu petis berisi potongan-potongan kupat, potongan-potongan tahu goreng, irisan mentimun, tauge (kecambah), dan remah kerupuk kuning. Kesemuanya disiram kuah petis yang diulek manual berdasarkan pesanan, inilah kenapa harus sedikit bersabar menanti pesanan, apalagi kalau sedang banyak pengunjung.

Kupat tahu sayur juga berisi sama, hanya saja kuah petisnya diganti menjadi kuah sayur yang sudah disiapkan sebelumnya, rasanya seperti kuah kaldu. Keduanya gurih, hanya saja yang petis terasa lebih manis.

Kupat tahu petis.
Kupat tahu sayur.
Bumbu petisnya diulek, diracik sesuai pesanan sebelum dituangkan.

Saya suka kupatnya yang lembut dan padat. Kuah petisnya juga enak, tidak ada kandungan yang dominan, tidak terlalu gurih juga tidak terlalu manis. Begitu pun dengan kuah sayurnya, pas.

Satu porsi kupat tahu petis atau sayur harganya Rp. 17.000,-. Kalau makan di tempat, disajikan teh tawar panas yang menurut saya pendamping tepat untuk petis yang gurih.

Buka sekitar pukul 8 pagi sampai pukul 4 sore, hanya saja mereka tutup pada hari Minggu. Lokasi Kupat Tahu Petis dan Sayur Pak Haji ini terletak di pertigaan antara Jalan Burangrang dan Jalan Halimun. Patokannya langsung belok ke kiri (kalau datang dari arah Gatot Subroto) ketika bertemu Ngopi Doeloe.

SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.