Perancang laman web, penulis blog, pesepeda, dan pelari.




Siomay Mang Ade (Baso Tahu Ikan Jalan Ternate)

Category : Eatery, Review · by Jan 14th, 2019

Siomay, atau kalau orang Bandung sering menyebut makanan ini dengan istilah baso tahu, sudah menjadi kegemaran saya sejak kecil. Saya memang penggemar makanan ikan olahan, seperti juga batagor, pempek, atau otak-otak.

Siomay Mang Ade ini salah satu siomay yang sering saya kunjungi. Alasannya apa lagi kalau bukan karena enak dan murah.

Karena terletak di Jalan Ternate, banyak juga yang mengenal siomay ini sebagai Siomay Ternate. Mang Ade berjualan siomay di trotoar Jalan Ternate, tepat di depan mesjid Badan Kepegawaian Daerah. Kalau masuk dari Jalan Riau, perhatikan saja arah sebelah kiri jalan. Ada roda yang dikerubuti orang, bisa dipastikan itu lapaknya Mang Ade.

Seperti kebanyakan tukang siomay, sajiannya adalah siomay ikan dan tahu, ada juga sayuran seperti kol dan kentang. Semuanya dikukus. Boleh pilih beberapa, saya biasa pesan 3 siomay, 2 tahu, kol dan kentang masing-masing 1. Tapi saat berkunjung akhir pekan lalu, tinggal siomay dan kol yang tersisa, mungkin karena kami datang terlalu sore.

Berbeda dengan sajian dimsum yang disajikan bersama saus tomat yang asam, siomay di Bandung (setidaknya yang saya tahu di Bandung) dihidangkan dengan bumbu kacang yang dikucuri kecap manis. Bumbu kacang yang gurih ini yang menambah kenikmatan bersantap siomay.

Siomay di lapaknya Mang Ade ini memiliki tekstur yang kenyal namun empuk. Walau terasa kandungan ikannya, siomay tidak terlalu gurih. Kalau saya perhatikan, sepertinya ada campuran sayur seperti wortel juga dalam adonannya, mungkin ini yang membuat rasa ikannya jadi tidak terlalu kentara, yang mana menurut saya bagus karena kalau terlalu terasa akan menjadi terlalu gurih.

Karena kita bebas pilih porsi yang kita mau, maka sistem perhitungannya satuan. Satu buah siomay dihargai Rp. 2.000,-. Murah sekali bukan? Apalagi kalau sudah pernah mencoba, pasti kalian setuju bahwa harganya murah sekali.

SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.